Beranda Kriminal Masyarakat Mengeluh Adanya Praktek Pemindahan Gas LPG di Desa Sedang Kian Marak

Masyarakat Mengeluh Adanya Praktek Pemindahan Gas LPG di Desa Sedang Kian Marak

0

BADUNG, Dikeluhkan Masyarakat,” Adanya Aktivitas pemindahan gas LPG 3kg ke tabung kosong 12 Kg dan 50 Kg di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung, kian marak di bicarakan masyarakat.

Informasi dihimpun, kegiatan ini sudah berlangsung lama. Mirisnya lagi, demi mendapat untung pribadi, pelaku nakal ini sengaja mengambil hak masyarakat, dengan cara memindahkan ribuan isi tabung subsidi 3kg ke tabung besar 12kg dan 50kg non-subsidi pungkasnya.

Kepada wartawan, Mang Murja (47) warga yang juga pengamat migas menyatakan, selain merugikan negara, aktivitas memindahkan/mengoplos gas LPG jelas dilarang. Terlebih, kegiatannya merampas hak masyarakat kurang mampu untuk meraup untung lebih besar terangnya.

” Apapun nama kegiatannya, yang namanya mengoplos gas apalagi gas subsudi, jelas melanggar hukum,” ujar Murja.

Menurutnya, cara yang dilakukan oknum tersebut sangat bertentangan dan melanggar Pasal 62 ayat 1, UU No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, juga Pasal 32 ayat 2, UU No 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

Sementara itu, warga berinisial WS menjelaskan, jika gudang batako pintu besi cat biru tersebut, markas untuk memindahkan/mengoplos gas LPG dan itu bukan rahasia lagi.

” Setau saya pintu gudang itu ada dua, depan dan tengah. Dikelola oleh KM alias M, digunakan untuk mengoplos gas, ” terangnya.

Modus yang digunakan oknum memindahkan isi tabung gas 3 Kg ke tabung kosong ukuran 12 Kg secara manual, yakni tabung LPG ukuran 3 Kg yang isi diletakkan di atas tabung kosong ukuran 12 Kg dengan dipasang selang regulator di antara kedua tabung yang kosong dengan yang isi, untuk memindahkan isi gas tersebut.

Terkait hal itu, Kapolsek Abiansemal, Kompol Ida Bagus Mertayasa, dikonfirmasi Selasa (23/4) mengaku, tidak mengetahui, karena belum mendapat laporan jika ada aktivitas yang melanggar di wilayah hukumnya.

“Pada saat rekan-rekan wartawan mengimformasi kepada kapolsek lewat WA katanya teman-temana, tiyang (saya-red) cari informasi dulu, ” ungkap Kompol Mertayasa, pungkasnya(*net*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.