oleh

Obrolan Politik Kedai Kopi di Sungai Ciliman

PANDEGLANG – Kehangatan kebersamaan begitu terasa menemani sejumlah wartawan berdialog seputar politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pandeglang di kedai kopi sepadan sungai ciliman di wilayah Kecamatan Panimbang, Minggu (22/11/2020).

Ditemani segelas kopi dan sebatang rokok ditangannya, Ketua Jurnalis Nasional Indonesia Indonesia (JNI) Propinsi Banten, Andang Suherman yang juga sebagai Pemimpin Redaksi Media Redline menyampaikan beragam pendapat politiknya seputar pilkada Pandeglang.

Menurut Andang, dari hasil pengamatannya, masyarakat pandeglang lebih cendrung mengenal 01, incumbent ketimbang lawan politiknya 02, Toni Mukson.

“Dari kaca mata saya, jelas pilkada pandeglang diprediksi akan dimenangkan Irna – Tano,” ujar Andang

Mengapa demikian kata Andang, hal tersebut selain dapat dilihat dari partai politik pengusung dimana sembilan partai digaet irna. di tengah masyarakat juga masih nampak terlihat kalau Irna sebagai figur politik yang masih digandrungi dan disenangi masyarakat pandeglang.

“Intinya masyarakat lebih kenal kepada Irna dari pada Toni Mukson,” cetusnya

Hal senada dikatakan Yoki wartawan media Kabar Viral yang berdomisili di Kecamatan Angsana Kabupaten Pandeglang, menilai figur Irna dimata masyarakat khususnya masyarakat selatan pandeglang dianggap telah mampu membawa perubahan kearah kemajuan Kabupaten Pandeglang.

“Jika harus dilihat prestasi Irna, menurut saya beliau telah bekerja dengan gigih dan kerap turun ke bawah menemui masyarakat setiap berjalannya program pemerintah untuk masyarakat,” terang Yoki

Tidak hanya itu saja, jika dilihat dari pembangunan infrastruktur, Irna telah bekerja nyata membuat perubahan tampilan kota pandeglang dan suasana kota di setiap kecamatan- kecamatan, seperti pembangunan taman alun – alun kota pandeglang dan lingkungan pendopo yang terlihat sejuk dan asri.

Berdirinya Mall Publik, salah satu keberhasilan Irna penunjang pelayanan birokrasi yang prima untuk masyarakat. Menyoal kritikan terkait kondisi jalan, tidak sedikit ruas jalan khususnya jalan kabupaten yang telah tersentuh pembangunan.

Dengan kepemimpinan Irna juga, sentuhan pembangunan terasa nampak di sektor pendidikan, pertanian, pariwisata dan kesehatan.

“Ya sektor pertanian misalnya banyak petani kini ketika panen mereka menggunakan alat pertanian berteknologi,”tuturnya

Sedangkan tambah Yoki, sektor pendidikan nampak bangunan sekolah permanen dengan fasilitas yang memadai. Dan sektor pariwisata, tengah digenjot pengembangan wisata sebagai sebauh inovasi desa.

Bahkan pada sektor kesehatan, lanjut Yoki, warga pandeglang pasti tahu, sekarang di setiap kecamatan sudah berdiri Puskesmas yang permanen lengkap dengan fasilitas rawat inapnya,” pungkas Yoki seraya memprediksi kalau Irna akan meraih suara terbanyak hingga 75 %.

Obrolan itu pun berlanjut dari kedai kopi ke Cafe ‘Kita’ yang lokasinya tak jauh dari pusat Kota Kecamatan Panimbang. Disana dialog politik kembali menjadi perbincangan hangat selain dialog seputar tugas dan fungsi jurnalis sebagai sosial kontrol dan mitra pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional. @Kasman

Komentar

News Feed