banner 728x250
Berita  

Peduli Kesejahtraan Petani, Desa Tukdana Indramayu Bangun Irigasi Pertanian

banner 468x60

INDRAMAYU – Pemerintah desa Tukdana kecamatan Tukdana kabupaten Indramayu melakukan pembangunan Irigasi yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap 2 (dua) tahun 2022,yang tersebar di beberapa titik.

Pembangunan irigasi yang merupakan program dari pemerintah pusat untuk melakukan pengembangan atau pembangunan di desa.

banner 325x300

Sementara itu menurut Kuwu desa Tukdana, Neny Hastuti melalui sekretaris desa (Sekdes), Ito Meiliyanto menjelaskan pekerjaan irigasi yang ada di desa Tukdana tahun anggaran 2022, pemerintah desa (pemdes) Tukdana menganggarkan pembangunan irigasi pengairan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap 2, untuk dapat memaksimalkan hasil produksi pertanian.

Pembangunan irigasi sendiri tersebar di beberapa blok dengan volume awal dalam RAB sekitar 400 meter, namun pada saat pelaksanaan kegiatan kami melakukan perubahan karena menganggap konstruksi irigasi persawahan ini dengan debit air yang tidak terlalu tinggi.

Kami melakukan perubahan untuk volume termasuk ketinggian lalu dialihkan ke panjang menjadi bertambah, untuk titik yang tersebar dan melakukan perubahan pada volume dan panjang itu juga berdasarkan dari musyawarah bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), petani dan tokoh masyarakat, tambah Ito.

“Sesuai program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan diharapkan dengan dibangunnya irigasi pengairan akan terus dilanjutkan sehingga tidak ada lagi persawahan mengalami kesulitan pengairan, dan dapat mempercepat musim tanam setiap tahunnya,” harap Ito kepada awak media, Selasa 26 Juli 2022.

Menurut salahsatu petani,Wardi menyampaikan pembangunan irigasi tersebut sangat membantu untuk pengairan di sawah kami yang berada di desa tukdana,alhamdulilah di tahun 2022 ini pemdes sangat peduli akan nasib para petani dan untuk pembangunan desa menjadi lebih berkembang,para petani ucapkan terima kasih kepada pemdes Tukdana saat ini,pungkasnya.@(Jarot)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.