Beranda Business Pemkab Pringsewu Adakan Musrenbang di 2 Kecamatan

Pemkab Pringsewu Adakan Musrenbang di 2 Kecamatan

0

PRINGSEWU, buserkriminal.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pagelaran Utara dan Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu tahun 2019 digelar di masing-masing GSG kecamatan setempat, Rabu (13/2).
.
Di Kecamatan Pagelaran Utara, musrenbang dibuka oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pringsewu Relawan didampingi Camat Pagelaran Utara Rohadan, Kapolsubsektor Pagelaran Utara serta Danramil Pagelaran. Selain itu, musrenbang ini juga dihadiri sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Pringsewu, para kepala UPT, serta para kepala pekon se Kecamatan Pagelaran Utara.

Kepala Bappeda Kabupaten Pringsewu Relawan membacakan sambutan tertulis Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan Musrenbang tahun 2019 merupakan forum antarpelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2020. “Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh masukan guna menyusun RKPD kabupaten, serta sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas OPD yang memerlukan dukungan dana, baik APBD kabupaten dan provinsi maupun APBN,” katanya.
.
Selain itu, bupati melalui kepala Bappeda juga meminta setiap OPD, kecamatan dan kelurahan serta pekon, agar mulai 2019 ini menggunakan sistem e-planning dan e-budgetting dalam pengusulan kegiatan. Ini sesuai dengan arahan KPK, disamping telah dilaksanakan pula MoU antara pemerintah kabupaten dan provinsi, serta untuk lebih mensinkronkan antara program di tingkat kelurahan dan pekon, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga pusat. “Untuk itu, perlu disiapkan sarana dan prasarana serta SDM yang berkompeten,” ujarnya.
.
Lebih lanjut diungkapkan, tema pembangunan Kabupaten Pringsewu tahun 2020 sesuai RPJMD Kabupaten Pringsewu 2017-2022 adalah ‘Memacu daya saing daerah melalui peningkatan kualitas SDM dan pemenuhan infrastruktur pelayanan dasar’, dengan prioritas utama pada bidang infrastruktur, SDM, dan ekonomi.

Sementara itu, musrenbang di Kecamatan Adiluwih dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Pringsewu Andi Wijaya didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pringsewu Malian Ayub, anggota DPRD Kabupaten Pringsewu dari dapil setempat Nurul Ikhwan, camat dan uspika, serta dihadiri sejumlah kepala OPD, UPT, stakeholder dan para kepala pekon se Kecamatan Adiluwih. (Pon)

alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.