oleh

Pemkab Pringsewu Peringati Harganas ke-27

PRINGSEWU – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Pringsewu diperingati melalui apel yang gelar di depan kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Pringsewu, Senin (29/6/20).

Apel inipun digelar secara sederhana dan terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bertindak sebagai pembina apel adalah Bupati Pringsewu H.Sujadi dan pemimpin apel yakni Kasubbag Perencanaan Dinas P3AP2KB Edi Sumarko, diikuti Aparatur Sipil Negara di lingkungan Dinas P3AP2KB, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon, serta Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pringsewu, juga para penyuluh KB dari sembilan kecamatan se Kabupaten Pringsewu.

Turut hadir, Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Hj.Nurrohmah Sujadi dan Hj.Rita Fauzi, para Asisten dan Staf Ahli Bupati beserta Inspektur dan Kepala OPD serta para Camat se Kabupaten Pringsewu.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan piala dan hadiah Juara Lomba Pekon Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Pringsewu, serta Juara Lomba Pekon Pelaksana Terbaik Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2020 Kabupaten Pringsewu, kemudian sejumlah juara lomba serta penghargaan lainnya, juga penandatanganan prasasti peringatan Harganas.

Sebagai Juara Pertama Lomba Pekon adalah Pekon Bumiratu Kecamatan Pagelaran, Juara Kedua Pekon Nusawungu Kecamatan Banyumas, Juara Ketiga Pekon Waluyojati Kecamatan Pringsewu dan Juara Harapan Pekon Bulukarto Kecamatan Gadingrejo.

Sedangkan Pekon Pelaksana Terbaik Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Juara Pertama Pekon Mulyorejo Kecamatan Banyumas, Juara Kedua Pekon Sumberejo Kecamatan Pagelaran, dan Juara Ketiga Pekon Totokarto Kecamatan Adiluwih.

Bupati Pringsewu H.Sujadi membacakan amanat tertulis Kepala BKKBN Pusat dr.Hasto Wardoyo, Sp.OG, mengatakan Peringatan Hari Keluarga Nasional berperan strategis dalam membangun bangsa. Sebab, keluarga juga merupakan titik sentral dari cerminan bangsa dan negara.

Keluarga menentukan kualitas suatu bangsa, sebab dari keluarga lahirkan anak-anak yang akan menentukan masa depan bangsa. Untuk mewujudkan bangsa yang baik, keluarga sebagai kesatuan sosial terkecil memiliki fungsi yang bisa mewujudkan ketahanan keluarga sehingga bisa menuju ketahanan nasional.

Dikatakan, ada 8 peran penting keluarga untuk mencapai ketahanan nasional tersebut, yakni Agama, Kasih Sayang, Perlindungan, Sosial Budaya, Reproduksi, Sosialisasi dan Pendidikan, Ekonomi, dan Pembinaan Keluarga.

Apabila delapan fungsi keluarga ini dilaksanakan dengan tepat, tentunya akan dapat membangun fondasi yang kuat untuk menciptakan ketahanan keluarga dan berdampak pada ketahanan nasional. (pon)

Komentar

News Feed