Beranda Business Polda Jabar Tangkap Oknum Kasus Penyebar Berita Hoax Tentang Anggota Brimob Tentara...

Polda Jabar Tangkap Oknum Kasus Penyebar Berita Hoax Tentang Anggota Brimob Tentara China

0
BERBAGI

BANDUNG, buserkriminal.com – Kabid Humas Polda adakan jumpa pers terkait tindak pidana penyebar berita bohong (Hoaks) tentang anggota Brimob kewarganegaraan China.

Berita hoax itu disebar pada tanggal 21 hingga tanggal 22 Mei 2019, pada kejadian demo besar-besaran di Jakarta, tentang penguatan calon presiden nomor urut 02,Senin(27/5-2019).

Kabid Humas Polda Jabar (Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko S.I.K., menyampaiian pada awak media, “Siapapun orangnya yang menyebarkan atau memberitakan hal yang bohong dengan sengaja, atau menyiarkan penyebab keonaran dikalangan rakyat, baik dengan lisan ataupun tulisan dengan subjek menghina suatu penguasa ataupun badan umum yang ada di Indonesia,” Tegasnya.

Lebih lanjut Kabid Humas memaparkan, ;

Atas dasar laporan dengan nomor LPA/186/V/2019/Jbr/Res. Majalengka/ Sat Reskrim, tanggal 24 Mei 2019 a.n Pelapor REXSY JAKA F. TKP : Majalengka (Wilayah Hukum Polda Jabar), Waktu Kejadian : Selasa, 21 Mei 2019.

Nama inisial (YHA), Umur 40 tahun,  Agama Islam, Alamat,  Dusun Cangkukan RT 002/ 007 Kel, Clcadas Kec. Jatiwangi Kab. Majalengka, dengan 2 Orang Saksi dan 3 Orang Saksl Ahli.

Adapun sebagai barang bukti yang disita dari Tersangka, yaitu, 1 (satu) Unit Handphone Merk LAVA RI, 1 (satu) Unit Handphone Merk Nokia, 1 (satu) Buah Sim Card Telkomsel dan 1 (satu) Buah Memory Card V-Gen 16 Gb.

Singkat Kejadian, sekira hari selasa tanggal 21 Mei 2019 Tersangka dengan menggunakan akun Whatsapp telah mendistribusikan konten foto yang bermuatan berita bohong dan menyesatkan berupa foto anggota brimob yang sedang berdinas menggunakan tutup wajah sehingga disebut polisi dari China.

Barang Bukti Yang di Sita Dari Tersangka

Kemudian membagikan di Whatsapp grup RUMAH SMART INDONESIA yang Diposting pada tanggal 21 Mei 2019 dengan Caption Perhatikan warna kulit, mata sipit Anggota Brimob ini, sangat mencurigakan jangan-jangan tentara cina menyamar.

Sedangkan Modus Operandi menyebarkan Berita Bohong dalam Grop WHATSAP RUMAH SMART INDONESIA berupa foto anggota brimob yang sedang berdinas menggunakan tutup wajah sehingga disebut polisi cari China dengan Caption yaitu Perhatkan warna kulit, mata sipit anggota Brimob ini, sangat mencurigakan jangan-jangan “Tentara China menyamar” di Group WHATSAPP RUMAH SMART INDONESTA.

Hal diatas telah melanggar Pasal 14 ayat (1), (2) jo pasal 15 UU RI No 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 207 KUHP. Maka Ancaman Hukuman yang berlaku adalah hukuman penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun, Tutup Kabid Humas Polda.

( Dade Haris / fanny / Bid. Humas Polda Jabar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.