Polisi Diminta Tangkap Oknum Kadus yang Lakukan Pemukulan terhadap Anggota LSM Kaliber

  • Bagikan

BOGOR, buserkriminal.com – Kepala Dusun (Kadus) adalah orang yang mengetuai sebuah dusun, satu wilayah di bawah desa. Selain itu, Kadus juga menjadi teladan bagi warganya. Akan tetapi, berbeda dengan Kadus di Desa Cibadak, Kec. Tanjungsari, Kab. Bogor.

Oknum Kadus tersebut diduga melakukan pemukulan terhadap Iwan yang merupakan anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kalber Indonesia Bersatu (Kaliber) Distrik 04 Kabupaten Bogor di Desa Cibadak RT 002/006 Kp Cikadu, Senin (23/8/2021) malam. Pemukulan tersebut terjadi akibat pengaduan warga yang mendapat bantuan UMKM dari pemerintah sebesar Rp1,2 juta.

Sedangkan penerima bantuan tersebut seharusnya menerima bantuan UMKM dari pemerintah sebesar Rp1,2 juta. Akan tetapi, saat melakukan pengecekan ke bank ternyata uang tersebut sudah dicairkan oleh pihak lain. Padahal, uang bantuan tersebut seharusnya masyarakat yang berhak menerimanya.

Setelah beberapa hari kemudian, Iwan mendapat informasi jika masyarakat yang bermasalah terkait bantuan UMKM tersebut sudah diberikan RT setempat. Berdasarkan informasi, penerima bantuan UMKM hanya menerima Rp600.000. Adapun penerima bantuan tersebut sebanyak 9 warga.

“Seharusnya penerima bantuan UMKM tersebut Rp1,2 juta, tetapi mengapa separuhnya yang diberikan kepada warga. Yang menjadi pertanyaan, kemana sisa uang tersebut?” ungkap warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Sehingga, akibat pengaduan warga yang menerima bantuan tersebut oknum Kadus mendatangi Iwan di rumahnya. Oknum Kadus tersebut marah dan melakukan pemukulan kepada Iwan sebanyak 3 kali. Selain itu, istri Iwan didorong hingga jatuh ketika berusaha melerai permasalahan tersebut.

Oknum Kadus tersebut semakin menjadi-jadi dan mengancam akan membunuh dan menantang bahwa tidak takut oleh siapapun. Oknum kadus marah dan memukul Iwan dengan alasan bahwa telah melaporkan permasalahan uang UMKM kepada pihak kepolisian, padahal Iwan sendiri tidak merasa melapor soal pelaporan tersebut kepada pihak Kepolisian.

Oleh karena itu, Ketua LSM Kaliber Distrik 04 Kabupaten Bogor Wawan Gunawan menindaklanjuti kejadian terhadap salah satu anggotanya dan tidak terima anggotanya dianiaya oknum Kadus tersebut. Bahkan, kasus tersebut sudah dilaporkan kepada Polsek Tanjungsari.

“Saya sudah buka LP dan LSM Kaliber berharap kepada pihak yang berwajib segera melakukan penangkapan terhadap oknum Kadus tersebut,” harap Wawan Gunawan ketika ditemui wartawan di Polsek Tanjungsari, Senin (23/8/2021) malam. @tim

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.