oleh

Polres Gianyar Perangi Sampah Plastik Demi Kelestarian Lingkungan

GIANYAR, buserkriminal.com – Sampah Plastik memiliki bahaya cukup besar bagi kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu perlu upaya yang serius oleh berbagai pihak untuk mengatasinya.

Untuk memerangi sampah plastik Bhabinkamtibmas Desa Siangan Aiptu I Kadek Sumerta, S.H. mengeluarkan Program Terobosan Kreativ yang di beri nama GELATIK ( Gerakan Lawan sampah plasTIK ) gerakan ini menyasar ke anak-anak Sekolah Dasar yang ada di Desa Siangan, di mana setiap hari sabtu anak-anak di wajibkan membawa sampah plastik ke sekolah.

“Mudah-mudah program ini mampu menggugah hati masyarakat agar sadar betapa pentingnya arti kebersihan lingkungan. Apalagi pengetahuan masyarakat tentang bahaya sampah plastik masih rendah, terbukti masih banyak masyarakat membuang sampah sembarangan.” Ujar Aiptu Kadek Sumerta.

Kasubbag Humas Polres Gianyar dalam Pantauannya, Sabtu 1 Pebruari 2020 pukul 07.00-09.00 wita, Bhabinktibmas Desa Siangan di bantu oleh Komunitas pecinta alam MELANGGE, DOLLY, para Guru dan para siswa terpantau memilah sampah plastik yang di kumpulkan oleh anak-anak. Di mulai dari SD N 1 Siangan, SD N 2 Siangan dan terakhir di SD N 3 Siangan.

Perbandingan dari minggu sebelumnya sampah yang di kumpulkan anak-anak mengalami penurunan. Di mana saat ini sampah yang terkumpul sebanyak 70 kg dengan rincian SD N 1 Siangan mengumpulkan 15 kg sampah plastik, di mana 10 kg sampah plastik yang bisa di daur ulang dan 5 kg merupakan sampah Residu.

SD N 2 Siangan berhasil mengumpulkan sampah plastik sebanyak 25 kg dimana 15 kg merupakan sampah yang dapat di daur ulang dan 10 kg merupakan sampah Residu. SD N 3 Siangan mampu mengumpulkan sampah paling banyak yaitu 30 kg dengan rincian 20 kg sampah plastik yang bisa di daur ulang dan sisanya merupakan sampah Residu.

Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, S.I.K., S.H., M.H., ketika di konfirmasi menyampaikan “Anak-anak adalah tunas Bangsa yang perlu kita berikan pondasi pemahaman tentang arti kelestarian alam demi kelangsungan mahluk hidup yang ada di atas Bumi ini, siapa lagi yang menjaga kalau bukan kita ,”ujar Kapolres.

I Ketut Berata Perbekel Desa Siangan menyampaikan apresiasi kepada Bhabinkamtibmas, karena Terobosan kreatif GELATIK yang di prakarsai telah mampu menggerakkan masyarakat untuk peduli akan kebersihan, terlihat penurunan volume sampah yang di dapat anak-anak mudah-mudahan ini mencerminkan masyarakat telah sadar tidak lagi membuang sampah sembarangan, “ujar Perbekel ,”terangnya@agus.

Komentar

News Feed