oleh

Polres Karangsem Tandatangani MoU Keterbukaan Informasi Publik Dengan Pers

KARANGASEM – Kepolisian Resor Karangasem menandatangani MoU atau nota kesepahaman tentang keterbukaan informasi publik dengan organisasi pers di daerah Karangasem, Selasa (03/03/20).

MoU ditandatangani Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, S.I.K., M.M.Tr., didampingi Kasubag Humas Polres Karangasem AKP Herson Djuanda, S.H., di Lobi Polres Karangasem.

Adapun organisasi pers yang turut membubuhkan tanda tangan dalam MoU tersebut adalah Komonitas Wartawan Karangasem (KWK).

“Maksud kesepakatan bersama ini memberikan gambaran dan pedoman bagi kami dan media dalam rangka koordinasi guna terwujudnya koordinasi dalam Keterbukaan Informasi Publik,” kata Kapolres Karangasem.

Serta bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan pemahaman di antara Polres Karangasem dan media dalam rangka koordinasi dalam Keterbukaan Informasi Publik, kata Kapolres Karangasem.

Adapun poin yang dituangkan dalam nota kesepahaman tersebut, antara lain para pihak yang membubuhkan tanda tangan saling tukar data dan/atau informasi dalam rangka Keterbukaan Informasi Publik.

Para pihak wajib bertanggung jawab menjaga kerahasiaan data dan/atau informasi yang diterima sesuai peraturan perundang-undangan.

Poin-poin yang dituangkan dalam nota kesepahaman itu mempunyai dasar hukum sesuai Undang-undang Kepolisian, UU Pers, UU Penyiaran, UU Keterbukaan Informasi Publik.

Kemudian, Peraturan Kapolri nomor 12 tahun 2014 tentang Panduan Penyusunan Kerja Sama Kepolisian Negara Republik Indonesia, Nota Kesepahaman antara Dewan Pers dan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : 2/DP/MoU/II/2017 Nomor : B/15/II/2017 tentang Koordinasi dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers Dan Penegakan Hukum Terkait Penyalahgunaan Profesi Wartawan.

“Acara ini tentu sangat penting untuk kita semua. Indikatornya kita hadir semua, dan saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran rekan-rekan,” kata Kapolres Karangasem di hadapan puluhan wartawan media cetak, elektronik dan “online”.

Sementara itu, Ketua KWK I Wayan Nantra mengapresiasi Polres Karangasem membangun kesepahaman dengan pers dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik.

“Dengan MoU ini tentu akan terbangun sebuah komunikasi yang baik. Apabila terjadi miskomunikasi, bisa diselesaikan secara musyawarah,” kata Wayan Nantra.

Selain saling tukar data dan informasi, nota kesepahaman ini diharapkan bisa terbangun silaturrahmi antara jajaran Polres Karangasem dengan pers ,”Tandasnya@Andi Perdana.

Komentar

News Feed