Polsek Kuningan Giat Pengecekan Kandang Sapi Antisipasi Penyebaran PMK Pada Hewan Ternak

  • Bagikan

KUNINGAN – Personil Polsek Kuningan Polres Kuningan Polda Jabar BRIPKA Butar Butar, BRIPKA U.Handi, BRIPKA Udin dan BRIPKA Cipta didampingi Kasi Humas Polres Kuningan IPTU Sukarno, laksanakan kegiatan pengecekan kadang Sapi dalam rangka Sntisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku atau (PMK) Jum’at (27/05/2022) pukul 09:30 Wib, Sampai dengan pada pukul 11:00 Wib.

Menurut keterangan BRIPKA Butar Butar dalam pelaksanaan bertempat di desa Kasturi Kecamatan Kuningan Kabupsten Kuningan, telah dilaksanakan Kegiatan Pengecekan Kandang Sapi hewan ternak.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasie Ekbang Kecamatan Kuningan Egis Sugianto SE., beserta staff, Kasie MP Kecamatan Kuningan Roni beserta anggota, Kades Kasturi Edi beserta perangkat, Kepala Puskeswan Kuningan Jonais S.P., beserta staff, Babinsa desa Kasturi Serma Susnendi, Anggota Polsek Kuningan, Bripka Butar Butar, Bripka U. Uhandi, Bripka Udin dan Bripka Cipta.

 

Adapun hasil pengecekan di lokasi Kandang Sapi Sapi milik saudara Elon Sahlani, Peternak, yang beralamat di Blok wage RT 17 RW 03 desa Kasturi berdasarkan hasil pengecekan dan pemeriksaan terdapat Sapi sebanyak 17 ekor dalam keadaan sehat (tidak terjangkit PMK) namun kondisi kandang sangat kotor dan tidak ada tempat untuk membuang kotoran sapi.

 

Adapun Kandang Sapi milik saudara H. Supardi, yang berada di Dusun Wage RT 14 RW 03 desa Kasturi, Berdasarkan hasil pengecekan dan pemeriksaan terdapat Sapi sebanyak 25 ekor dalam keadaan sehat (tidak terjangkit PMK) namun kondisi kandang dalam keadaan bersih.

 

Sedangkan Kandang Sapi milik sodara. H. Yadi, yang ada di Blok Aage RT 12 RW 03 desa Kasturi, Berdasarkan hasil pengecekan maupun pemeriksaan terdapat Sapi sebanyak 18 ekor dimana 15 ekor sapi dalam keadaan sehat (tidak terjangkit PMK), dan 3 ekor sapi terindikasi Suspeck PMK dengan kondisi klinis ( Sapi ngelay / air liur, mulut sariawan dan kaki mulai membengkak), selanjutnya dilakukan tindakan berupa memberikan suntikan antibiotik dan Vitamin B Komplek oleh Petugas Puskeswan Kuningan.

Berdasarkan keterangan sodara H. Yadi bahwa sapi tersebut baru datang tadi malam membeli dari sodara Yadi yang berasal dari Kadugede Kabupaten Kuningan.

 

Kegiatan pengecekan kandang sapi dalam rangka memberikan sosialisasi kepda peternak dan pedagang hewan ternak berkuku belah agar lebih merawat hewan ternak secara bersih.

Selanjutnya hewan ternak sapi milik saudara H. Yadi yang terindikasi suspeck PMK dilakukan karantina (penempatan terpisah) agar tidak menyebar ke sapi yang lainnya.

BRIPKA Butar Butar didampingi Kasi Humas Polres Kuningan IPTU Sukarno mengatakan, Selama berlangsung kegiatan tersebut berjalan dengan aman tertib dan lancar,” pungkasnya.(@dedi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.