banner 728x250

Sambut Kunjungan Kerja Presiden RI Di Wilayah Brebes, Polres Brebes Terjunkan 462 Personi Pengamanan

banner 468x60

Brebes,,Polres Brebes menerjunkan 462 Personil Pengamanan dibantu dengan BKO Brimob Polda Jateng dalam pengamanan Kegiatan Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) di Brebes dalam rangka penyaluran Bansos di Pasar Tanjung dan Pasar Bulakamba serta Peresmian Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) yang menghubungkan wilayah Brebes dan Tegal, Rabu (13/04/2022).

 

banner 325x300

Lokasi pertama yang dikunjungi Kepala Negara adalah Pasar Tanjung, Kabupaten Brebes. Di sana, Presiden Jokowi membagikan sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi para penerima manfaat dan pedagang. Bantuan yang dibagikan antara lain Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dan Bantuan Modal Kerja (BMK) bagi para pedagang kaki lima. Antusiasme warga untuk bertemu orang nomor satu di Republik Indonesia Presiden sangat tinggi sehingga terjadi sedikit ketersendatan arus lalulintas disekitar Jalur Pantura Brebes di Pasar Tanjung. Petugas Polri melakukan rekayasa arus lalulintas contra flow di jalur pantura untuk mengurai kepadatan arus.

Selain menyerahkan bansos, Presiden Jokowi juga sempat berdialog dengan sejumlah pedagang yang ada di Pasar Tanjung, Kabupaten Brebes. Para pedagang bahkan menawarkan langsung barang dagangannya kepada Presiden Jokowi. Salah satu pedagang kacang di Pasar Tanjung pun mendapatkan kesempatan dibeli langsung oleh Presiden Jokowi. Pedagang tersebut mengaku gugup dan gemetar saat kacang dagangannya dibeli oleh Presiden Jokowi. Tidak hanya kacang, Presiden Jokowi juga sempat membeli sejumlah barang dagangan para pedagang lainnya, mulai dari kangkung, pisang, bawang goreng, hingga kerupuk. Presiden pun membeli enam ikat kangkung dan memberi uang sejumlah Rp 200 ribu.

 

Usai dari Pasar Tanjung, Presiden Jokowi juga berkunjung ke Pasar Bulakamba. Di Pasar Bulakamba, Kepala Negara turut membagikan bansos, antara lain BLT Minyak Goreng dan BMK bagi para peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan pedagang kaki lima. Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan ini adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K., Pangdam IV Diponegoro serta Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, M.H.

 

Setelah melaksanakan Bansos di Pasar, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) selanjutnya meresmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal sepanjang 17,4 kilometer, di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dimana Infrastruktur ini akan melengkapi jaringan jalan nasional di Pantai Utara (Pantura) dan Jalan Tol Trans Jawa.

“Jalan ini dilengkapi dengan delapan jembatan; di wilayah Brebes, lima jembatan dan di wilayah Tegal, tiga jembatan. Kehadiran jalan lingkar ini melengkapi struktur jaringan jalan nasional di Pantura (Pantai Utara) dan juga melengkapi jaringan jalan di Tol Trans Jawa,” ujar Presiden saat peresmian.

 

Presiden pun optimistis kehadiran infrastruktur ini dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di Kota Brebes dan Kota Tegal. Dengan beroperasinya jalan lingkar Brebes-Tegal ini, ini akan diperkirakan akan mengurangi beban lalu lintas sebesar hingga 48 persen, memperlancar konektivitas, dan membantu kelancaran arus lalu lintas di wilayah Tegal dan Brebes,” kata Presiden.

 

Secara khusus, Presiden berharap keberadaan jalan lingkar ini dapat mendukung kelancaran arus mudik Lebaran yang akan datang. “Kita tahu jalur Pantura ini merupakan jalur yang sangat penting untuk menunjang kelancaran, utamanya aktivitas mudik Lebaran. Jalan ini akan menjadi salah satu jalur alternatif untuk mudik Lebaran agar perjalanan masyarakat untuk mudik lebih lancar dan dan lebih cepat sampai di tujuan,” tandasnya.

 

Setelah selesai melaksanakan kegiatan kerja, Presiden Jokowi kembali ke Jakarta menggunakan Heli Puma yang merupakan pesawat Kepresidenan. Sebelum menaiki heli yang terparkir di Stadion Karangbirahi Brebes, Presiden sempat menyapa warga Brebes yang dari Pagi menunggu kehadiran Presiden. Petugas Kepolisian Tetap mengawal ketat pembagian _souvenir_ oleh Presiden agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tepat Pukul 14.20 wib Presiden beserta rombongan kembali ke Jakarta dalam keadaan aman dan terkendali. (HMS/@dedi)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.