oleh

Satreskrim Polres Pulpis Tangani Hukum Pelaku Karhutla

KALTENG, buserkriminal.com – Pulang pisau Tak ingin kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus terjadi di wilayah hukum Polres Pulang Pisau, pihaknya yang seyogyanya sebagai penegak hukum, memastikan akan tetap memproses bagi para pelaku pembakar hutan dan lahan atau karhutla di wilayah kabupaten Pulang Pisau ini dengan tegas.

Pasalnya, dampak dari karhutla bukan hanya merugikan lingkungan sekitar, ekonomi dan materi. Tapi juga berdampak merugikan kesehatan manusia.

Itu diungkapkan Kapolres Pulang Pisau, AKBP Siswo Yuwono BPM melalui Kasatreskrim Jhon Digul Manra kepada awak media ini, diruang kerjanya Senin (24/2/2020)pagi

“Sebagai penegak hukum, tentunya kita tetap berkomitmen dalam penanganan pelaku karhutla di Pulpis ini Artinya bagi pelaku akan tetap kita proses sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku,” ucap Jhon Digul begitu sapaan akrab perwira balok dua di bahu nya itu.

Sebagai penegak hukum, lanjut Jhon Digul, kepolisian tidak serta-merta langsung melakukan tindakan penangkapan tanpa adanya bukti-bukti valid, kecuali didapati tertangkap tangan.

“Kalau pelaku karhutla ini kita biarkan, maka akan menjadi contoh tidak baik bagi masyarakat lainnya, dari itu akan tetap kita proses sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya kembali.

Meski begitu, tambah Jhon, sebelum kepolisian melakukan penindakan hukum, pihaknya juga akan terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat tentang imbauan bahaya dan pelarangan membakar hutan dan lahan dilingkungan masyarakat.

“Nanti juga kepada Polsek-polsek di wilayah hukum Polres Pulpis akan membuat spanduk imbauan agar jangan membakar hutan dan lahan,” tutup Jhon Digul.

Sebelumnya, Polres Pulang Pisau telah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Criminal Justice System (CJS), yang bertujuan untuk menjalin sinergitas serta menyamakan persepsi dalam penegakan hukum pelaku karhutla tahun 2020 ini.

Rakor sendiri diprakarsai oleh Satreskrim Polres Pulang Pisau, yang dihadiri dari instasi terkait, seperti Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kabupaten Kapuas, Kejaksaan Negeri Kabupaten Pulang Pisau, dan Pemkab Pulang Pisau.@ Herry.f / Izas

Komentar

News Feed