oleh

Sebar Berita Hoax Virus Corona di Medsos, Pelaku Berhasil Diciduk Sat Reskrim Polres Puncak Jaya

PUNCAK JAYA – Seorang pemuda berinisial EW alias AG warga kampung Usir Distrik Mulia berhasil diciduk Sat Reskrim Polres Puncak Jaya karena menyebarkan berita bohong (hoax) mengenai penyebaran virus corona melalui media sosial berupa facebook, Jum’at ( 03 April 2020 ).

Adapun kronologis bermula pada hari senin tanggal 30 Maret 2020, tersangka mengapload status di halaman facebooknya tentang penyebaran virus corona di Kab. Puncak Jaya dengan menuliskan bahwa ada seorang masyarakat yang bernama Defri Telenggen telah terjangkit virus corona dan sedang di rawat di RSUD Mulia kemudian siang tadi berkat pengembangan kasus penyebaran berita hoax ini, Sat Reskrim Polres Puncak Jaya berhasil mengamankan tersangka di kediamannya.

Kapolres Puncak Jaya AKBP Drs. Mikael Suradal, MM melalui Kanit Pidum Polres Puncak Jaya Ipda Yopi Rizky Ariztian, S.Tr.K saat dikonfirmasi membenarkan bahwa siang tadi dirinya bersama para personel Sat Reskrim Polres Puncak Jaya berhasil mengamankan penyebar berita hoax di medsos mengenai penyebaran virus corona di Kab. Puncak Jaya.

Lebih lanjut Ipda Yopi juga menambahkan bahwa sesuai dengan Laporan Polisi nomor : LP / 22 / III / 2020 / Papua / Res Puja tanggal 31 Maret 2020, pelaku dijerat dengan pasal 28 Undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan Undang-undang RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman selama 6 Tahun dan denda 1 Milyar.

” Kini tersangka sudah kami amankan di Rutan Mapolres Puncak Jaya untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, serta kami himbau kepada seluruh masyarakat Kab. Puncak Jaya agar kita semua bijak dalam bermedia sosial, karena maraknya berita-berita mengenai virus corona yang muncul sehingga kita wajib mencari tau asal-usul berita tersebut ” tutup Ipda Yopi. @Humas Polres Puncak Jaya.

Komentar

News Feed