Sehari Jelang Pilkades Serentak, Kapolres Kuningan Pimpin Apel Pergeseran Pasukan

  • Bagikan

 

Kuningan,,Menjelang sehari pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah Kab Kuningan, Polres Kuningan menggelar apel Pergeseran Pasukan (Serpas), bertempat di halaman Mapolres Kuningan, Sabtu pagi (27/11/2021).

 

Apel pergeseran pasukan dipimpin langsung Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si., dan dihadiri Bupati Kuningan yang diwakili Asda I Setda, Dandim 0615 Kuningan diwakili Kasdim 0615 Kuningan, Ketua Pengadilan Negeri Kuningan diwakili Hakim PN Kuningan, Ketua DPRD Kab Kuningan diwakili Ketua Komisi I DPRD Kab. Kuningan, Dan Sub Den Pom III/3-6 Kuningan, serta Kasat Pol PP, Kadis PMD dan Kalak BPBD Kab. Kuningan.

 

Dalam arahannya, Kapolres Kuningan menyatakan tujuan dilakukan apel pergeseran pasukan dimaksudkan untuk melakukan pengamanan agar pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan di wilayah Kab Kuningan pada hari Minggu, 28 Nopember 2021, dapat berjalan dalam situasi Kamtibmas yang kondusif. Selain itu untuk memberikan arahan kepada para anggota yang terlibat dalam pengamanan Pilkades serentak sehingga kegiatan pengamanan yang dilakukannya dapat berjalan dengan optimal.

 

“Dalam Pilkades kali ini, terdapat perbedaan dari Pilkades yang telah dilaksanakan sebelumnya, oleh karena saat ini kondisi seluruh wilayah di Indonesia masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka tugas Polri selain menjamin terlaksananya kegiatan Pilkades dengan situasi Kamtibmas yang tertib, lancar dan sukses, kita juga memiliki target untuk menjaga agar tidak terjadi penyebaran Covid-19, sehingga tidak menimbulkan kembali klaster-klaster seperti yang terjadi sebelumnya”, imbuh Kapolres.

 

Untuk itu, tambah kapolres, pengamanan yang dilakukan selain memberikan ketertiban, kenyamanan dan kesuksesan dari pelaksanaan Pilkades, juga jangan lengah, dan jangan mengabaikan protokol kesehatan.

 

“Untuk anggota Polri baik dari Polres maupun Polsek, laksanakan kegiatan sesuai dengan Tupoksi dan peranan masing-masing, optimalkan tindakan preemtif dan perventif, sehingga apa yang menjadi potensi gangguan tidak melebar menjadi ancaman atau gangguan nyata”, tambahnya.

 

Selanjutnya Kapolres menyatakan dari data yang diterima, terdapat 78 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak dengan rincian 406 TPS, 215 calon Kades dengan jumlah DPT sebanyak 158.945 Pemilih.

 

Diakhir arahannya, Kapolres Kuningan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran, baik internal Kabupaten Kuningan dari instansi dan lembaga serta dari luar Kab Kuningan atas peran sertanya untuk terus berbuat kebaikan, dan terus memberikan manfaat kepada masyarakat. Selain itu tidak lupa mendoakan agar setiap langkah dalam pelaksanaan tugas yang dilakukan selalu diberikan kelancaran, keselamatan dan kesuksesan dan dicatat sebagai amal ibadah.

 

Untuk diketahui, dalam kegiatan pengamanan Pilkades Serentak pada tanggal 28 Nopember 2021, Polres Kuningan menurunkan kekuatan sebanyak 400 personel dan mendapatkan bantuan pasukan BKO dari Brimob Polda Jabar sebanyak 100 personel, ditambah bantuan dari Polresta Cirebon sebanyak 30 personel dan dari Polres Cirebon Kota sebanyak 30 personel. Selain itu juga dibantu dari unsur terkait, seperti TNI, BPBD, Dinkes, Dishub dan dari mitra Kamtibmas lainnya. (Humas Polres Kuningan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.