oleh

Semana Lagi , Keluar Sebagai Juara 1 Di festival Buah Durian Lokal Unggul Rajabasa

LAMPUNG – Dalam rangka memotivasi Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) dan mencari varitas unggul buah Durian lokal Gunung Rajabasa ,maka Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Way Pisang mengadakan Lomba atau festival Buah Durian Lokal Gunung Raja Basa
,Kamis (30/01/2020).

Festival diikuti oleh 22 peserta dari Lembaga Pengelola Hutan Desa(LPHD) yang ada di Reg 3 Gunung Raja Basa.

Dari 22 peserta tersebut ,terdapat 30 jenis buah durian unggulan yang dilombakan.

Menurut M.Thoriq selaku Ketua penyelenggara mengatakan terdapat beberapa kriteria penilaian seperti: rasa,aroma,warna,tekstur dagingnya, yang dijadikan sebagai bahan penilaian ,jelasnya.

Akhirnya setelah melalui seleksi ketat yang dilakukan ,maka diputuskan Durian Semana Lagi dari LPHD Tanjung Gading keluar sebagai juara pertama ,juara 2 Durian Lukat dari LPHD Banding dan juara 3 Durian Mandok dari LPHD Cugung.

Kepala KPHP Way Pisang,Lampung Selatan ,Wahyudi Kurniawan saat dikonfirmasi mengatakan bahwa festival diadakan bertujuan mencari bibit Durian Lokal yang unggul.

“Karna saya berkeyakinan bahwa di gunung Raja Basa ini ada ada Durian Unggul dan kita akan temukan lewat ajang semacam ini lalu bisa kita kembangkan kan sehingga bisa menjadi ciri khas Durian lokal Raja Basa Kalianda ,”katanya penuh keyakinan.

Sementara Plt.Kadis Kehutan Provinsi Lampung ,Wiyogo Supriyanto mengatakan bahwa festival Durian ini adalah kegiatan baik yang nantinya dapat mengangkat citra dan nilai Durian lokal unggul Gunung Raja Basa,jelasnya.

Lanjutnya lagi,kegiatan inipun bisa m ncerminkan pada kinerja KPHP,sehingga hal yang kecil bisa berdampak besar.

Masih kata Kadis Wiyoga ,dari hasil yang terpilih sebagai juara ,akan kita kembang biakan dengan cara kita memperbanyak bibitnya dan kita sebarkan kemasyarakatan kembali ,dan pastinya petani akan lebih menghargainya, dikarnakan sudah tergolong Durian unggul. (Nur Ismail).

Komentar

News Feed