Beranda Kriminal Tim Viper Polres Tangerang Selatan Amankan 9 Pelaku Pengeroyokan

Tim Viper Polres Tangerang Selatan Amankan 9 Pelaku Pengeroyokan

54
0
BERBAGI

TANGERANG, buserkriminal.com – Kepolisian Resor (Polres) Tangerang Selatan menggelar Konferensi Pers terkait pengugkapan Kasus Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan yang mengakibatkan Korban meninggal dunia, Selasa (18/12/2018) sekitar pukul 15.25 wib

Kegiatan Konferensi Pers digelar di Halaman Polres Tangerang Selatan, dipimpin langsung Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan S.IK., M.Si dan didampingi oleh Kapolsek Serpong Kompol S Luckyto A.W., SH., S.I.K., Kasat Reskrim AKP A Alexander S.H., S.I.K., M.M., M.Si., Kanit Reskrim Serpong AKP Budi Harjono S.H., dan Kasubag Humas IPTU Sugiyono.

Berdasar Laporan Polisi Nomor LP/687/K / XII/ 2018/ Sek. Srp, tanggal 16 Desember 2018. Pelapor yakni Paman Korban bernama Hartono Komar (40) warga Kampung Wates Rt 02/012 Kelurahan KampungvMelayu Timur Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang.

Korban yang meninggal dunia memiliki identitas Anwar alias Januari Ibrahim (19) salah satu Pelajar beralamat di Kampung Wates Rt 002/012 Kelurahan Kampung Melayu Timur Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang.

Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Jalan Raya Serpong U-turn Kia Motor seberang Ruko Melati Mas Serpong Kota Tangerang Selatan. Waktu Kejadian pada hari Sabtu (15/12/2018) sekira pukul 24.00 wib.

Kejadian bermula pada hari Sabtu (15/12/2018) sekira pukul 23.00 wib, Pelaku yang berjumlah 11 (Sebelas) orang sedang berada di Jalan Raya Serpong untuk melakukan pencegatan terhadap Fans sebuah Grup Musik yang akan lewat di Jalan Raya Serpong.

Pada hari Minggu (16/12/2018) sekitar pukul 00.30 wib, para Pelaku melihat sebuah mobil truk yang diidentifikasi oleh para Pelaku ditumpangi oleh Fans sebuah Group Musik yang baru selesai menonton konser di lapangan Sunburst melintas di Jalan Raya Serpong.

Para Pelaku menghadang Truk tersebut dan terjadilah tindak pidana Pembunuhan dan atau Pengeroyokan dan atau Pencurian dengan Kekerasan yang Menyebabkan Korban Meninggal Dunia.

Aksi Tindak Pidana tersebut berhenti setelah Patroli dari Satuan Sabhara Polres Tangerang Selatan dan Unit Sabhara Polsek Serpong tiba di TKP dalam rangka Patroli.

Korban sempat dilarikan ke RSI As Shobirin Serpong, akan tetapi karena pendarahan hebat pada Pembuluh Arteri pada bagian pangkal Paha, Korban kemudian dinyatakan meninggal dunia dalam perjalanan menuju RS. Kemudian Jenazah mendapatkan perlakuan Medis untuk kepentingan Pemuliaan Jenazah dan Proses Penyidikan.

Kronologis Penangkapan, setelah mendapatkan laporan dari Patroli Satuan Sabhara Polres Tangerang Selatan yang bergabung dengan Unit Sabhara Polsek Serpong, Team Vipers langsung melakukan penyelidikan yang kemudian berturut- turut pada hari yang sama, sejumlah Sembilan orang Tersangka beserta Barang Bukti dapat diamankan.

Indentitas 9 Pelaku dalam aksi tersebut antara lain :

1. AAM alias A bin S (17) yang berperan memberhentikan Truk yang ditumpangi Korban, mengacungkan Clurit dan kemudian mengayunkan Clurit kepada Korban.

2. RR alias Alex (19) warga Kampung Baru Jelupang Kelurahan Jelupang Kecamatan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan, berperan memberhentikan Truk yang ditumpangi Korban sembari memegang Clurit dan mengambil HP milik Korban.

3. MRH alias (15) salah seorang Pelajar, berperan memberhentikan Truck yang ditumpangi Korban dan melemparkan Batu (sejenis pecahan Conblock) ke arah rombongan Korban yang berada di atas Truck.

4. AM alias M, Pelajar kelas 3 SMK, berperan memberhentikan Truck yang ditumpangi Korban dan melemparkan Batu ke arah rombongan Korban yang ada di atas Bak Truck.

5. ADP alias K (16) Pelajar kelas 3 SMK, berperan memberhentikan Truck yang ditumpangi Korban dengan mengacungkan Senjata Tajam Clurit dan menyiramkan Air Soda Keras ke arah Rombongan Korban serta melakukan Pembacokan terhadap Korban.

6. AGH (15) Pelajar kelas 1 SMK, alamat di Cilebut Bogor, berperan menyuruh kendaraan Truck yang ditumpangi Korban untuk berhenti.

7. MRS Alias K (17) Pelajar SMA kelas 2, berperan memberhentikan Truck yang ditumpangi Korban dengan menggunakan tangan kosong dan mengambil HP Korban.

8. DAS (16) Pelajar kelas 2 SMK, berperan
menyuruh Rombongan Korban untuk turun dari atas Bak Truck yang ditumpangi.

9. RI alias K (17) Pelajar kelas 3 SMK, berperan memberhentikan Truck yang ditumpangi Korban dengan mengacungkan Senjata tajam berupa Clurit.

Sedangkan data Tersangka DPO diantaranya RATP Alias B (17) Pelajar kelas 3 SMK, berperan memberhentikan Truck yang ditumpangi rombongan Korban dan mengambil HP milik korban.

2. AP alias B (16) Pelajar kelas 1 SMK, berperan mengamankan barang- barang milik temannya (Pelaku) seperti sandal dan HP milik Pelaku. Pada saat kejadian, AP hanya berdiri dipinggir Jalan Raya dan melihat dari kejauhan yang berjarak sekitar 5 Meter dari TKP.

Alat dan Barang Bukti berupa Visum Et Repertum terhadap Korban, Hasil Otopsi terhadap Korban, Rekaman CCTV, Baju bersimbah darah yang dikenakan Korban pada saat kejadian, Pakaian yang dikenakan para Tersangka pada saat kejadian, 1 (Satu) buah Clurit, Bongkahan Batu dan 1 (Satu) unit HP milik Korban.

Menurut informasi, tindak pidana terjadi karena aksi “Balas Dendam” dari sekelompok Fans seorang Penyanyi yang pada awal bulan November 2018 mengadakan Konser Amal Gempa Poso di Pamulang.

Tersangka ADP, pada saat akan pulang ke rumah dicegat oleh sekelompok orang yang mengaku Fans dari sebuah Group Musik dan berasal dari wilayah tertentu di luar Kota Tangerang Selatan dan HP nya kemudian diambil secara paksa.

Pada saat Group Musik tersebut mengisi acara sebuah HUT TV Swasta Nasional di Lapangan SunBurst, Prlaku ADP berinisiatif mengajak rekan- rekannya untuk mengincar dan memperlakukan yang diterima oleh ADP. Para Tersangka sebagian besar masih berstatus anak dibawah umur.

Para Tersangka dijerat Pasal 340 KUHPidana dan atau Pasal 338 KUHPidana dan atau Pasal 170 ayat (2) ke-3 KUHPidana dan atau Pasal 365 KUHPidana dan atau Pasal 2 ayat (1) UU Darurat RI Tahun 1951.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.