oleh

TP PKK dan Dekranasda Tanggamus Lakukan Baksos Kepada Masyarakat

TANGGAMUS – Tim Penggerak PKK dan Dekranasa Kabupaten Tanggamus melaksanakan Kunjungan Kerja sekaligus Bakti Sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid 19 yang ada di Kecamatan Semaka, Selasa (30/6/2020).

Rombongan dipimpin oleh Ketua TP PKK Hj Sri Nilawati Syafi’i dan Ketua Dekranasda Ny. Nur’aini Hamid Lubis.

Turut mendampingi Camat Semaka Wiwin Triani, Uspika Kecamatan Semaka, serta Kepala Pekon Srikaton dan Kepala Pekon Tugupakpak.

Tempat pertama yang dikunjungi oleh rombongan adalah Pekon Srikaton dan dilanjutkan ke Pekon Tugupakpak.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Tanggamus, memberikan pengarahan serta bantuan secara simbolis kepada masyarakat di kedua Pekon.

Dalam arahannya Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i, mengatakan bahwa bantuan yang diberikan ini merupakan amanah dari Ketua TP PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal, untuk masyarakat Tanggamus yang terkena dampak Covid 19.

“Semoga bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat dan sedikit meringankan beban masyarakat yang ada disini di Kecamatan Semaka.”

“Adapun bantuan yang diberikan adalah dari jajaran PKK sebanyak 100 paket Sembako yang diperuntukkan bagi Kelompok UP2K, Kader Posyandu dan masyarakat, dan dari Jajaran Dekranasda Sebanyak 100 Paket juga untuk para Pengrajin. Bantuan tersebut berupa beras, minyak, gula, kecap, mie instan dan lain-lain,” terangnya.

Sri Nilawati mengungkapkan, dipilihnya Kecamatan Semaka karena Kabupaten Tanggamus yang diwakili oleh Pekon Srikaton telah berhasil meraih Juara I Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019.

“Atas capaian ini, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan tersebut. Semoga di tahun mendatang Kabupaten Tanggamus dapat mewakili Provinsi Lampung di tingkat nasional,” ujarnya.

Selanjutnya memasuki era New Normal, Ketua TP PKK menghimbau agar masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Tetap dirumah saja kecuali ada keperluan mendesak, jika keluar rumah wajib memakai masker, hindari kerumunan, jaga jarak minimal 1 meter, sering cuci
tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga imunitas tubuh, tidak bersalaman, dan setelah berpergian sesampainya dirumah segera mengganti baju dan mandi, serta selalu berdoa agar pandemi Covid-19 segera berlalu,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sri menghimbau agar kegiatan Posyandu sudah mulai dilaksanakan, dengan mengikuti prtokol kesehatan. Selain itu kepada kader PKK Kecamatan, agar memanfaatkan lahan pekarangan untuk menambah dan menyambung untuk kebutuhan sehari-hari, serta mengurangi produksi limbah plastik, agar Kabupaten Tanggamus tetap bersih.

Sementara Ketua Dekranasda Ny. Nurani Hamid Lubis menjelaskan, untuk bantuan kepada pengrajin diberikan pada 6 Kecamatan yang ada di Tanggamus yaitu kecamatan Sumberejo, Semaka, Talang Padang, Gunung Alip, Air Naningan, dan Pugung.

“Mudah-mudahan bantuan yang diberikan bermanfaat bagi saudara kita yang terkena imbas dari Covid-19,” ujarnya.

Nur’aini meminta pengrajin di Tanggamus dapat berkreasi untuk membuat masker sebagai usaha tambahan.

Ia juga menghimbau masyarakat membeli produk UMKM yang ada di Kabupaten Tanggamus, serta selalu menggunakan produk asli dari Tanggamus.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau tempat produksi para pengrajin batik yang ada di Pekon Sudimoro, Kecamatan Semaka dan juga memberikan Bantuan berupa paket sembako juga untuk para pengrajin disana.(pon)

Komentar

News Feed