oleh

Wakil MPR Dukung Kapolri Angkat Polwan Jadi Kapolda

JAKARTA – Kapolri Jenderal Idham Azis membuka peluang bagi polisi wanita (polwan) untuk ditunjuk menjadi Kapolda dalam waktu dekat. Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi NasDem, Lestari Moerdijat, mendukung wacana tersebut.

“Saya mengapresiasi Kepolisian RI yang memberlakukan kesetaraan di antara perempuan dan laki-laki dalam menjalankan pelatihan di institusinya,” kata Lestari, Jumat (14/2/2020).

Lestari menjelaskan pemberdayaan dan kesetaraan perempuan dalam hal pemberdayaan di kepolisian memang sudah terlihat sejak masa lalu. Ia mengulas pengangkatan Brigjen (Purn) Rumiah Kartoredjo sebagai Kapolda Banten pada Januari 2008.

Menurut ketua MPR yang kerap disapa Rerie itu, pengangkatan polwan menjadi kapolda merupakan salah satu bukti Polri mengedepankan kesetaraan gender. Rere menunggu Kapolri merealisasi wacana tersebut.

“Jika dalam tiga bulan mendatang ada perempuan yang meminta kapolda, hal itu mencerminkan konsistensi hubungan kepolisian dalam upaya pemberdayaan perempuan,” sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis berbicara soal persetujuan kesempatan antara polwan dan polisi laki-laki dalam mendapatkan kepemimpinan maupun kenaikan pangkat. Idham juga sudah dibuka ada polwan yang dibuka jadi Kapolda dalam waktu dekat.

“Jangan salah jika 2-3 bulan ke depan ada polwan yang mungkin bisa saya angkat jadi Kapolda. Itulah komitmen organisasi kita, agar siapa yang terbaik dia naik, ”kata Idham di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (13/2).@humas

Komentar

News Feed