oleh

Warga Desa Tanjungan Lakukan Pemortalan Jalan

LAMPUNG SELATAN, buserkriminal.com – Rupanya kesabaran warga  Desa Tanjungan Kecamatan Katibung kini sudah tak terbendung lagi, terbukti pada  Minggu (29/9/2019) pagi melakukan Pemortalan jalan.

Jalan  alternatif provinsi  yang dinamai warga Jalan  Katibung Raya sepanjang 3 Km yang menghubungkan Desa Tanjungan, Tanjung Agung, Tanjung Ratu, Parda Suka, Suka Jaya dan Desa Babatan ini kondisinya rusak parah dengan banyak lubang dan matrial bebetuannya pada bertaburan kemana-mana. Apalagi, jika musim penghujan bak kubangan hewan dan empang sedangkan bila musim kemarau ini bagaikan badai di padang pasir akibat berdebu.

Kondisi ini sudah bertahun-tahun dirasakan masyarakat Kecamatan Katibung. Sebab, jalan ini adalah sebagai satu satunya akses  urat nadi perekonomian, sosial bahkan ikonnya  Marga Adat Katibung.

Ali (45) Tokoh masyarakat Katibung yang sempat diwawancarai mengatakan, sengaja kami membuat portal di jalan agar pemerintah dapat lebih memperhatikan aspirasi masyarakat tentang perbaikan jalan. “Karena jalan ini adalah sarana vital masyarakat Katibung, yang mana tiap detik, jam dan hari selalu kami lewati, baik untuk anak anak sekolah, pasar, dan keperluan sosial lainnya,” katanya.

Aksi pemortalan jalan ini sudah diketahui Kepala Desa dan Camat, kata mereka berbicara sembari bekerja bergotong-royong membuat portal. Tujuannya adalah agar pemerintah lebih memperhatikan pembangunan jalan ini. “Kami ingin merasakan jalan yang mulus, bersih tidak berdebu dan berlubang,” katanya.

Akibat pemortalan tersebut, badan jalan yang terletak di Dusun 1 Desa Tanjungan ini tidak bisa dilalui kendaraan dum truk atau kendaraan besar lainnya. Sebab, ukuran badan jalannya mengecil jadi tidak muat untuk dilalui kendaraan besar. @SUWANDI/NUR ISMAIL

Komentar

News Feed